Kopi Membuat Otak Bekerja Lebih Pintar





Kombinasi kopi dan gula dapat membuat kerja otak menjadi lebih efektif. Kopi tanpa gula diketahui bisa membuat otak dan stamina lebih terjaga karena kandungan kafein-nya. Kafein merupakan stimulant dan pembangkit stamina, sehingga sering dicampurkan dalam minuman berenergi.

Universitas de Barcelona (UB) melaporkan penelitiannya, bahwa kafein mempunyai efek lain ketika dikombinasikan dengan gula atau glukosa. Kombinasi dari gula dan kopi yang menghasilkan kopi manis ternyata mampu membuat kerja otak lebih efisien.

Dalam pemindaian CT Scan, aktivitas otak pd para peminum kopi manis terlihat menurun dibagian yg mengatur kemampuan kognitif. Meski aktivitasnya menurun, kinerja atau performa otak teramati stabil dlm hasil tes kognitif yang diberikan.

Kemampuan otak utk menghasilkan kinerja yg sama dg aktivitas lebih rendah menunjukkan bahwa otak bekerja dgn lebih efisien. Hal ini membuat otak tidak cepat mengalami kelelahan dan mengurangi kerusakan sel

Josep M Serra Grabulosa dari UB mengungkapkan, “Kombinasi kafein dan glukosa dapat menyebabkan kerja otak menjadi lebih efisien dibagian kognitif, terutama yg bertanggung jawab atas ingatan & perhatian.”


Mengonsumsi kopi berkafein dapat membantu otak mengolah kata-kata berkonotasi positif lebih cepat dan lebih akurat. Hal ini tidak berlaku pada kata-kata berkonotasi negatif. Hasil penelitian terbaru dari Jerman itu ditulis dalam jurnal PLoS ONE, dilansir Newsmaxhealth.

Penelitian yang dipimpin oleh Lars Kuchinke menyelidiki hubungan antara kafein dan tingkat emosional seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein sekitar dua hingga tiga cangkir kopi sebelum melakukan tugas dapat meningkatkan kemampuan otak mengenali kata-kata berkonotasi positif. Para peneliti juga menuliskan bahwa efek kafein pada otak bertanggung jawab untuk kemampuan bahasa seseorang.

Sementara itu pada penelitian sebelumnya, diketahui bahwa konsumsi kafein dapat mendongkrak aktivitas pada sistem saraf pusat, serta meningkatkan fungsi otak saat melakukan tugas-tugas sederhana.

Ini juga bisa jadi alternatif para perokok yang sulit konsentrasi pada saat tidak merokok, dan menurut saya kopi ini lebih baik. Ini bisa juga jadi pengganti pengkonsumsian pada rokok, yang banyak mengandung Zat Adiktif dan Psikotropika.

hidup sehat itu mudah asal kita mau merubahnya :). ketika muda sehat, pikiran pun positif, kapan lagi? apa pun bisa dilakukan tanpa keterbatasan. jadi jangan sia-siakan ya bruu :)

SUMBER

Penulis : RICHIE RIZKY ADI PUTRA ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Kopi Membuat Otak Bekerja Lebih Pintar ini dipublish oleh RICHIE RIZKY ADI PUTRA pada hari Minggu, 27 Januari 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Kopi Membuat Otak Bekerja Lebih Pintar
 

0 komentar:

Posting Komentar